Alumni Berprestasi

Prof. Titin Andri Wihastuti: Alumni FKep Unpad yang menjadi salah satu Guru Besar Keperawatan Indonesia

Salah satu alumni Fakultas Keperawatan Universitas Padjadjaran menunjukan prestasi yang membanggakan. Prof. Dr. Titin Andri Wihastuti, S.Kp., M.Kes dilantik sebagai guru besar (professor) Keperawatan ke 10 di Indonesia pada Rabu, 24 Juli 2019. Dalam acara pelantikannya sebagai guru besar, Prof Titin memaparkan orasi ilmiahnya tentang “Perspektif Ilmu Biomedik Untuk Pengembangan dan Inovasi Keperawatan di Masa Depan”.

Menurutnya, perkembangan ilmu biomedik yang sangat pesat saat ini berdampak besar terhadap kemajuan di bidang kesehatan. Perawat sebagai bagian integral dari tenaga kesehatan dapat memanfaatkan perkembangan ilmu biomedik untuk meningkatkan kontribusinya dalam memberikan tindakan keperawatan baik dalam upaya promotif, preventif, kuratif dan rehabilatif bagi klien.

Wanita kelahiran Purworejo, 26 Februari 1977 ini menyelesaikan Pendidikan sarjananya di Fakultas Keperawatan Universitas Padjadjaran. Setelah lulus sarjana, ia kemudian melanjutkan pendidikan S2 Biomedik di Universitas Brawijaya, dan program Doktor Ilmu Kedokteran Dasar (Biomedik) di Universitas Brawijaya.

Prof Titin menuturkan salah satu contoh inovasi keperawatan dengan penelitian biomedik adalah penggunaan terapi komplementer herbal seperti kulit manggis untuk berbagai penyakit. Sebagai akademisi dan praktisi keperawatan di Indonesia tentunya berbangga hati dan menjadi inspirasi untuk kemajuan dunia keperawatan di Indonesia.

Menurutnya sesuai dengan perkembangan ini perawat perlu terus menerus mengikuti dan menguasai berbagai perkembangan keilmuan untuk memberikan pelayanan yang maksimal terhadap pasien maupun klien. Salah satu tantangan terbesar dalam keperawatan saat ini adalah bagaimana mengelaborasikan berbagai disiplin ilmu dasar seperti biologi, fisiologi, kimia, kebijakan kesehatan, ekonomi dan sebagainya ke dalam penelitian, teori dan praktik klinis keperawatan.