Daycare Puspa

Deskripsi

Pusat Perawatan Anak Sehat (PUSPA) adalah institusi pendidikan dan pengasuhan anak yang di dirikan pada tanggal 15 Juni 2010 berdasarkan SK Dekan Fakultas Keperawatan No 94/H6.7.7.fik/fek/kp/2010, keunggulan dari Pusat Perawatan Anak Sehat ini adalah keterpaduan antara pelayanan penitipan anak dan edukasi anak usia dini yang komperhensif baik bio, psiko, social, spiritual, dan disertai dengan pemantauan tumbuh kembang anak.

Visi & Misi

Visi dari Pusat Perawatan Anak Sehat adalah sebagai pusat perawatan anak sehat yang memfasilitasi tumbuh kembang optimal generasi penerus bangsa yang peka lingkungan dan menguasai teknologi informasi.

Adapun Misi lembaga ini adalah :
1. Memberikan asuhan keperawatan pada anak sehat sesuai tahapan tumbuh kembang untuk mencapai kualitas hidup anak yang optimal
2. Menyediakan pendidikan usia dini yang peka lingkungan dan berbasis teknologi
3. Memberikan layanan keperawatan dan kesehatan yang komperhensif sebagai wujud pengabdian masyarakat pada civitas akademika universitas.
4. Melaksanakan penelitian dan pengembangan untuk meningkatkan kualitas pelayanan perawatan anak sehat

Sasaran

Sasaran perawatan dan pengasuhan anak, serta pendidikan anak usia dini adalah bagi anak usia 2 bulan – 6 tahun yang terpaksa ditinggal orangtua karena pekerjaan atau hal lainnya. Pemberi pelayanan ini adalah tenaga perawat professional dan mahasiswa Fakultas Keperawatan UNPAD serta tenaga pendidik lulusan UIN dan PGTK.

Pelayanan

Jenis Pelayanan pada program penitipan anak meliputi pelayanan pengasuhan usia 2 bulan – 6 tahun mulai pukul 07:30 WIB sampai dengan 16:00 WIB dari hari senin sampai dengan hari jum’at dengan layanan pokok terdiri dari:

  1. Pemenuhan kebutuhan makan dan minum
  2. Pemenuhan personal hygine
  3. Pemenuhan istirahat atau tidur siang
  4. Pemenuhan kebutuhan bermain
  5. Latihan kemandirian fisik dan psikologis

Selain layanan pokok pusat perawatan anak sehata memiliki layanan tambahan seperti :

  1. Diteksi tumbuh kembang anak
  2. Stimulasi tumbuh kembang anak
  3. Pemeruiksaan Kesehatan
  4. Pojok laktasi untuk ibu menyusui
  5. Pijat bayi dan Baby Gym

Adapun program pendidikan anak usia dini dipusat perawatan sehat ini meliputi :

  • Paket pembelajaran pokok : agama, mengenal huruf, melatih motorik halus ( membaca, menulis, berhitung sederhana dengan konsep bermain )
  • Paket pembelajaran sekunder : budaya, bahasa inggris, kesenian, olahraga, dan pengembangan kreatifitas

Gallery