Sejarah

SEJARAH FAKULTAS KEPERAWATAN

Fakultas Keperawatan Universitas Padjadjaran merupakan salah satu fakultas dilingkungan Universitas Padjadjaran, yang menyelenggarakan pendidikan tinggi keperawatan di Indonesia, yang sebelumnya bernama Program Studi Ilmu Keperawatan (PSIK). Program Studi Ilmu Keperawatan ini didirikan pada tahun 1994 berdasarkan Surat Keputusan (SK) Rektor Universitas Padjadjaran (Unpad) No.145a/PT06H/Kep/C/94, yang diperkuat oleh SK Dikti No.200/DIKTI/Kep/1998.

Program Studi Ilmu Keperawatan (PSIK) ini berada dibawah Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Padjadjaran, dan menyelenggarakan pendidikan Sarjana Keperawatan dan Program Profesi Ners dengan menggunakan kurikulum pendidikan tinggi keperawatan yang terintegrasi. Tetapi, mulai tahun 2000, terjadi perubahan kurikulum pendidikan tinggi keperawatan nasional dimana ada pemisahan antara program akademik (sarjana keperawatan) dan program profesi ners.

Seiring dengan perkembangan dan tuntutan kebutuhan Program Studi Ilmu Keperawatan yang tadinya berada dibawah Fakultas Kedokteran, ditingkatkan menjadi Fakultas Ilmu Keperawatan (FIK) berdasarkan SK Dirjen DIKTI No.1827/D/T/2005 tanggal 1 Juni 2005, dan SK Rektor Unpad No.1020/JO6/Kep/KP/2005 tanggal 8 Juni 2005. Berdasarkan SK tersebut diatas, FIK menyelenggarakan Program Studi Sarjana Keperawatan dan Program Studi Profesi Ners.

Selanjutnya pada tanggal 2 September 2013, Fakultas Ilmu Keperawatan berubah nama menjadi Fakultas Keperawatan (FKEP) berdasarkan SK Rektor No.3268/UN6.RKT/KP/2013, perubahan nama ini mempertimbangkan bahwa pendidikan keperawatan tidak semata bersifat akademik, namun termasuk juga pendidikan profesi. Saat ini, selain menyelenggarakan Program Pendidikan Sarjana (S1) Keperawatan dan Program Pendidikan Profesi Ners. Sejak tanggal 28 Agustus 2009, Fakultas Keperawatan Unpad juga mulai menyelenggarakan Program Pendidikan Magister Keperawatan Berdasarkan SK Dirjen DIKTI No. 1520/D/T/2009.