Seminar Nasional Keperawatan dan Workshop Stunting Series – 2019

http://semnas.fkep.unpad.ac.id

Fakultas Keperawatan Universitas Padjadjaran menggelar kegiatan Seminar Nasional Keperawatan dan Workshop Stunting Series. Kegiatan ini dilaksanakan di Auditorium RSP Universitas Padjadjaran, Jl Prof. Eycman No 38 Bandung selama dua hari, selasa dan rabu (12-13/11). Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan Dies Natalis Fakultas Keperawatan Universitas Padjadjaran ke 25. Kegiatan ini di buka oleh wakil rektor 2 Unpad dan dihadiri oleh para pembicara, organisasi profesi PPNI, rumah sakit dan puskesmas di wilayah Jawa Barat. Kegiatan ini diisi oleh sejumlah narasumber yaitu PKK Provinsi Jawa Barat, BKKBN Jawa Barat, Dinkes Provinsi Jawa Barat, Jalin-USAID Jawa Barat, antropolog Fakultas Ilmu sosial dan politik Universitas Padjadjaran, Ketua Ikatan Perawat Maternitas Indonesia, dekan Fakultas Keperawatan Universitas Padjadjaran dan dosen Maternitas Fakultas Keperawatan Univeritas Padjadjaran.

Kegiatan ini diikuti oleh 300 peserta yang merupakan mahasiswa sarjana dan pascasarjana serta professional baik dari institusi Pendidikan, dinas, maupun pelayanan kesehatan seperti rumah sakit dan Puskesmas. Selain seminar, dalam kegiatan ini juga dipresentasikan hasil-hasil penelitian terkini pada area kesehatan ibu dan anak. Sekitar 200 penelitian dipresentasikan dalam seminar ini. Kegiatan ini juga sekaligus sebagai momentum dari peluncuran program “Ibu bantu Ibu” oleh Dekan Fakultas Keperawatan Hj.Henny Suzana Meidiani, SKp., Mng, Ph.D,. Program ini dikembangan oleh Fakultas Keperawatan melalui Departemen Keperawatan Maternitas, bekerjasama dengan Ikatan Perawat Maternitas Provinsi Jawa Barat. Program ini telah di pilotkan di Bandung pada kelompok alumi sebuah perguruan tinggi, dan kelompok ibu-ibu salah komplek perumahan.  Program ini diketuai oleh oleh Restuning Widiasih, SKp.MKep.,Sp.Mat., PhD yang sekaligus ketua panitia kegiatan Seminar Nasional Keperawatan dan Workshop Stunting Series.

Restu mengatakan bahwa “Program Ibu Bantu Ibu” merupakan sebuah program pemberdayaan perempuan untuk membantu Ibu paska melahirkan dan bayinya untuk hidup sehat, khususnya satu bulan setelah melahirkan. Tujuan program “Ibu Bantu Ibu” ini sebagai salah satu upaya pencegahan komplikasi paska melahirkan, dan stunting pada 1000 hari awal kehidupan. Program ini berupaya untuk mengkoordinair relawan dalam penyediakan makanan dan menghantarkan makanan pada ibu. Koordinasi dan perencanaan dilakukan melaui media sosial, penghantaran makanan dilakukan langsung oleh relawan ke rumah Ibu. Satu bulan paska melahirkan menjadi fokus program “Ibu bantu Ibu” karena 28 hari pertama melahirkan adalah masa kritis bagi ibu dan bayi, baik secara fisik maupun psikis. Dukungan bagi keluarga baru akan mengurangi masa-masa berat menjadi orang tua baru dimana  keluarga baru membutuhkan dukungan.

(40humas-fkep)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *